Image of KAIDAH QIRÃÃT TUJUH

Text

KAIDAH QIRÃÃT TUJUH



Bacaan Al-Qurān yang berkembang dan Mashaf Al-Qurān yang dicetak dan beredardi Indonesia adalah menurut Qirāāt Imam Asim Riwayat Hafs. Sedangkan di negara lain, misalnya Aljazair, Marokko, Tunisia, bacaan dan Mashaf kita tidak dikenal dan dianggap asing oleh masyarakat awam di sana. Sebab, mereka menggunakan bacaan Al-Qurān dan Mashaf yang di cetak menurut Qirāāt Imam Nefi' Riwayat Warsy.

Di antara macam Qirāāt yang· sah sebagai bacaan Al-Qurān berdasarkan nilai sanadnya yang mutawatir adalah Qirāāt Sab' (tujuh) , yakni Qirāāt yang dinisbatkan (disandarkan) kepada nama-nama Imam Tuiuh.

Mengingat bahwa sebagian masyarakat mungkin pernah mendengar . seseorang membaca Al-Qurān berbeda dengan bacaan yang biasa kita pakai dan adanya. sementara orang ikut-ikutan menggunakan Qirāāt selain menurut Hafs tanpa mengetahui ilmu Qirāāt itu sendiri, dan tanpa talaqqi atau musyafahah (mengaji langsung) kepada guru terpercaya, maka kami terpanggil mempersembahkan buku ini.

Kaidah Qirāāt Tujuh ini dipersembahkan dalam bahasa Indonesia, agar masyarakat dapat memperoleh kemudahan dalam mempelajari Imu Qirāāt Tujuh, terutama mereka yang kurang menguasai kitab kuning. Namun demikian, untuk mentatbiqkan (menerapkan) ilmu Qirāāt Tujuh dalam membaca Al-Qurān, tetap dianjurkan untuk talaqqi dan musyafahah kepada seorang guru ahli Qirāāt Tuiuh.


Ketersediaan

DBNA-5412x1.6.403/V1-2/A37 Fat KMy Library (A.37)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
buku terdiri 2 jilid
No. Panggil
2x1.6.403/V1-2/A37 Fat K
Penerbit PTIQ,IIQ,Darul Ulum Press : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
252 hlm; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9799950813
Klasifikasi
Tafsir dan Ilmu Tafsir
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2010
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this