Image of KHAZANAH MENELISIK WARISAN PERADABAN ISLAM DARI APOTEK HINGGA KOMPUTER ANALOG

Text

KHAZANAH MENELISIK WARISAN PERADABAN ISLAM DARI APOTEK HINGGA KOMPUTER ANALOG



Coba kita bayangkan, bagaimana kita menuliskan hasil penjumlahan angka 9 dan 11 jika tidak pernah ditemukan angka 0 (nol). Kita tidak mungkin menuliskan 20 tanpa ada angka 0. Tanpa angka 0, revolusi digital juga mustahil terjadi. Tapi tahukah kita bahwa angka yang ada hingga saat ini ditemukan oleh ilmuwan Islam.

Tidak hanya itu. Ilmuwan Islam dalam bidang Matematika juga telah banyak memberikan sumbangan pada bidang Aritmatika, Geometri, Kalkulus, dan Trigonometri. JJ O'Conner dan EF Robertson dalam MacTutor History of Mathematics mengatakan, "Kami (barat) berutang terhadap matematika Islam.” Menurut mereka, begitu banyak ide-ide brilian yang berkembang dalam bidang matematika Eropa pada abad ke 16, 17, dan 18 ternyata merupakan hasil pemikiran ahli matematika Islam.
Sudah sejak dulu, ilmuwan Islam berkiprah di dunia lewat penemuan-penemuannya yang spektakuler. Mungkin saja kita yang saat ini telah terbuai oleh teknologi yang berasal dari barat, selalu berasumsi bahwa semua teknologi berasal dari barat. Padahal tidak demikian.

Tulisan-tulisan dalam buku ini yang bercerita soal kiprah ilmuwan Islam Dunia Kedokteran, Farmasi, Astronomi, Matematika, Kamera Obscura, Komputer Analog, Teori Relativitas, Kedirgantaraan hingga Industri Tekstil, akan menjelaskan pada kita bahwa ternyata Islam pernah mencapai kejayaannya dengan pencapaian-pencapaian yang luar biasa dalam dunia keilmuwan atau pun di dunia industri.


Ketersediaan

DBNA-4952x11.8.495/D.20/Rus KMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Non Serial (hanya satu jilid)
No. Panggil
2x11.8.495/D.20/Rus K
Penerbit Republika : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
394 Hlm ; 15 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789791102841
Klasifikasi
2x11.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2010
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this