Image of TAFSIR AL-QUR’AN JUZ XXVII JUZ QALA ‎FAMA KHATHBUKUM: Hikmatun Balighah (Hikmah Yang ‎Menghunjam)‎

Text

TAFSIR AL-QUR’AN JUZ XXVII JUZ QALA ‎FAMA KHATHBUKUM: Hikmatun Balighah (Hikmah Yang ‎Menghunjam)‎



Kepercayaan terhadap Hari Kiamat merupakan salah satu ajaran esensial dari setiap agama. Tidak ada agama yang tidak mengajarkan kepercayaan terhadap Hari Kiamat. Kepercayaan itu termasuk ke dalam masalah-masalah eskatologis. Hari Kiamat adalah batas antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Tanpa Hari Kiamat konsep kehidupan akhirat menjadi tidak berguna karena menganggap dunia tidak berakhit-sebagaimana paham Kaum Dahriyun, Atheisme, dan Materialisme. Kehidupan akhirat baru ada dengan berakhimya kehidupan dunia. Kehidupan dunia sudah dipastikan akan berakhir, karena kehidupan dunia hanyalah fana, bersifat sementara. Tidak ada yang langgeng di dunia ini.
Hikmatun Balighah yang menjadi tema sentral dalam buku ini mengandung makna, yakni pesan ten tang pemberitaan Hari Kiamat yang kedatangannya pasti. Kata hikmah dapat dipahami sebagai pengetahuan kecerdasan spiritual yang membuat seseorang harus mampu bersyukur atas nikmat-nikmat yang telah diterima. Sementara kata balighah yang bermakna jelas dan kuat sebagai hujah tentang keniscayaan Hari Kiamat.
Qiyamah Kubra adalah kehancuran total alam semesta. Hanya Allah yang mengetahui kapan terjadinya Hari Kiamat. Usia semesta ini sudah jutaan tahun cahaya dan masa depan semakin mendekati kita. Kepercayaan terhadap Hari Kiamat dan Hari Berbangkit seyogianya memberi dorongan setiap Muslim agar gemar beramal saleh untuk investasi akhirat. Dengan meyakini Hari Kiamat, hidup menjadi lebih indah dan bermakna.
Prof. Dr. Yunan Yusuf adalah Guru Besar Pemikiran Islam pada UIN Jakarta, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas asy-Syafi'iyyah Jakarta. Di samping itu, beliau juga tergabung dalam Dewan Pakar Pusat Studi AI-Our'an (PSQ), Jakarta. Tiga buah karyanya di bidang tafsir yang sudah diterbitkan adalah Tafsir Juz Amma as-Sirajul Wahhaj (Juz XXX), Tafsir Tabarak Khuluqun 'Azhim (Juz XXIX), dan Tafsir Bun- Yanlit;1 MarshOsh. Buku ini merupakan lanjutan dari proyek berjilid dari ketiga tafsir tersebut.


Ketersediaan

DBNA-7122X1.6.568/A.18 Yus TMy Library (A.18)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X1.6.568/A.18 Yus T
Penerbit LENTERA HATI : CIPUTAT TANGERANG.,
Deskripsi Fisik
690 hlm; 15.5 x 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786027720374
Klasifikasi
T A F S I R
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2015
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this