Image of PERBEDAAN RASM USMANI ‎MUSHAF STANDAR INDONESIA DAN ‎MUSHAF MADINAH

Text

PERBEDAAN RASM USMANI ‎MUSHAF STANDAR INDONESIA DAN ‎MUSHAF MADINAH



Kajian Dr. Zainal Arifin Madzkur dalam disertasinya tentang perbedaan rasm usmani Mushaf Standar Indoenisa (MSI) dan Mushaf Madinah, Saudi Arabia (MSA) pantas mendapatkan penghargaan yang tinggi sebagai suatu karya ilmiah yang dapat memberi pencerahan bagi para pencinta dan pengkaji AI-Qur'an, khususnya dalam segi rasm AI-Qur'an.

Melalui kajian ilmiahnya yang teliti dan detail, baik secara kualitatif maupun kuantitatif tentang rasm MSI, penulis dapat menggambarkan bagaimana keberadaan MSI di antara mushaf-mushaf lain, khususnya MSA, dalam penulisan rasmnya yang memiliki acuan yang jelas dari periwayatan di antara ai-Dani dan periwayatan Abu Dawud. Hasil kajiannya menempatkan MSI sebagai mushaf yang memiliki acuan yang kukuh dalam hal penulisan rasm. Ditemukannya beberapa perbedaan dapat dilakukan melalui tarjih di antara kedua periwayatan tersebut.
Dari hasil kajian ini diperoleh manfaat ganda. Pertama, upaya para ulama AI-Qur'an dalam menghasilkan MSI melalui Musyawarah Kerja Ulama yang dilaksanakan pada dekade 1974-1984, keberadaanya menjadi lebih kukuh sebagai tonggak kesejarahan dan sekaligus penghargaan atas jasa-jasa mereka dalam mengkhidmat pad a AI-Qur'an untuk kepentingan masyarakat Islam. Kedua, terjalin keberlanjutan kajian akademis antara para ulama AI-Qur'an terdahulu, dengan segala kekurangannya, dengan generasi AI-Qur'an berikutnya yang keduanya berada dalam lembaga Lajnah Pentashihan Mushaf AI-Qur'an, Kementerian Agama.

Semoga hasil kajian ini dapat terus dikembangkan demi pengkhidmatan atas AIQur'an sebagai pedoman hidup umat Islam.
++ Drs. H. E. Badri Vunardi, M.Pd.
(Pelaku Sejarah Penyusunan Mushaf AI-Qur'an Stan dar Indonesia, 1974-1984)


Ketersediaan

DBNA-885‎2X16.1.885/Disertasi.P/N.4/ Mad P‎My Library (N.4)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Non Serial
No. Panggil
‎2X16.1.885/Disertasi.P/N.4/ Mad P‎
Penerbit Azza Media : Depok.,
Deskripsi Fisik
XXXIV + 368 hlm; 16 x 22 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786025013928
Klasifikasi
2x16.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet 2 November 2018‎
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this