Image of SEMUA MURID SEMUA GURU 3  - Berpihak Kepada Anak

Text

SEMUA MURID SEMUA GURU 3 - Berpihak Kepada Anak



Semua Murid Semua Guru adalah cita-cita bersama.

Kita semua yang ambil peran karena percaya bahwa pendidikan adalah tanggung jawab kita, bukan hanya murid dan guru di sekolah. Karenanya, buku ini adalah karya bersama. Hasil dari perjalanan kita belajar, ber gerak, dan bermakna. Semua suara dan data yang ada di halaman-halamannya adalah cerita tentang pendidik an Indonesia, yang jadi sumber inspirasi, bahan refleksi dan komitmen untuk terus beraksi. Nama, tangan, dan pilihan kata saya tercantum di sini, hanya sebagai salah satu alat inisiasi. Setelah bertahun-tahun menjadi bagian dari jaringan Semua Murid Semua Guru, saya menyak sikan kekuatan kerja barengan yang proses maupun hasilnya selalu lebih dari perencanaan orang per orang atau satu-dua organisasi. Setelah bertahun-tahun men jadi penulis dan melewati proses yang sangat personal, saya membuktikan keajaiban buku tentang pendidikan

“Akhirnya, ada yang cerita tentang betapa membosankannya jadi murid di sekolah. Kalau cuma begini, mending belajar di YouTube atau beli ijazah saja," (Rafa, 16 tahun, Kelas XI, SMA negeri di Jakarta) "Kadang saya kurang sepakat dengan cara sekolah mendisiplinkan anak saya. Demi anak, saya coba bantu dan luruskan lagi di rumah dan bicarakan dengan pihak guru. Buku ini membuat saya makin percaya bahwa ada cara yang lebih positif dan tanpa kekerasan yang perlu di biasakan,” (Dhani, orangtua murid Kelas 1, SD negeri di Yogya)

"Saya sadar bahwa membuat anak gemar belajar dan saling peduli itu penting. Meskipun nggak mudah, malah kadang ditentang rekan se jawat, saya berusaha terus. Alhamdulillah banyak contoh dan buktinya setelah membaca yang ditulis Mbak Elaa," (Endah, guru madrasah swasta di Pesisir Selatan)

"Kami berupaya membuat taman baca bagi anak sekolah, bikin kelas juga untuk orangtua, agar mendukung anaknya belajar serta terlibat aktif dalam pendidikan. Terima kasih jaringan Semua Murid Semua Guru yang sudah mengumpulkan dan menceritakan siapa saja yang selama ini bergerak di pendidikan," (Yeye, penggiat komunitas anak dan orang tua marginal di Makassar)

"Setiap kali Anda membaca halaman-halamannya dan kemudian merasa apa yang kita upayakan di pendidikan Indonesia terlalu susah, saya ingin Anda mengingat hal lain yang juga saya percaya. Justru karena tujuan ini susah, maka layak untuk kita perjuangkan. Kita tidak mungkin punya pilihan untuk malas bergerak atau enggan berubah. Pencapaian akses, kualitas, dan kesetaraan pendidikan untuk semua dan setiap anak Indonesia bukan sekadar mimpi yang perlu dijaga, tetapi sudah kita capai dalam wujud nyata-di sebagian daerah, sekolah, rumah, atau di mana pun ladang kerja kita. Bukti dan praktik baik di lapangan inilah yang selalu menjadi sumber energi setiap hari," (Najelaa Shihab, Pendidik)


*Seluruh hasil penjualan buku Semua Murid Semua Guru 1, 2, dan 3 digunakan untuk pengembangan komunitas dan organisasi pendidikan di Indonesia


Ketersediaan

DBNA-9952x8.2.039(a)/B.40 /Shi SMy Library (B.40)Tersedia
DBNA-9962x8.2.039(b)/B.40 Shi SMy Library (B.40)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Berpihak kepada anak, ( Buku ke 3 dari tiga volume buku)
No. Panggil
2x8.2.039.(a-b)/B.40 Shi S
Penerbit Literati : Ciputat.,
Deskripsi Fisik
201 hlm; 19 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786028740692
Klasifikasi
Pendidikan
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan Pertama November 2019
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this