Image of ARAH BARU KAJIAN TAFSIR (Kajian Metodologi Penelitian Aksin Wijaya dalam Karyanya Sejarah Kenabian Perspektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwazah)

Artikel Jurnal

ARAH BARU KAJIAN TAFSIR (Kajian Metodologi Penelitian Aksin Wijaya dalam Karyanya Sejarah Kenabian Perspektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwazah)



Tulisan ini hendak menelusuri aspek metodologi penelitian tafsir yang dilakukan oleh Aksin Wijaya terkait metode nuzuli ala Muhammad Izzat Darwazah. Untuk itu fokus dari pembahasan ini adalah tentang metodologi penelitiannya dalam salah satu karyanya yang berjudul Sejarah Kenabian Dalam Perspektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwazah untuk mengetahui bagaimana orang mengkaji mufassir. Dimana secara khusus mulai penentuan metodis dari sebelumnya ia mengalami
pergeseran orientasi dari kritis ke deskriptif dalam menghadapi empat kitab hasil perburuannya, yaitu: Tafsir al Hadith, ‘Ashr al-Nabi wa Biatuhu Qabla al Bi’thah, Sirah al-Rasul, Suwar Muqtabasah min al-Qur’an, dan al-Dustur al-Qur’an fi Su’uni al-Hayat karya tokoh pemikir dan sejarawan, Izzat Darwazah. Dari pembacaannya tersebut, ia setidaknya menganalisa pandangannya menjadi dua bagian penting, yaitu; 1) metode tafsir nuzuli dan konsep ideal yang dikandungnya, 2) kemudian
ia menariknya ke ranah kehidupan masyarakat pra-islam, pribadi dan keluarga nabi Muhammad Saw, hingga kondisi masyarakat era kenabian melalui perspektif tafsir nuzuli Izzat Darwazah. Pun demikian, menurut penulis ada unsur penelitian lain dalam penulisan karya Aksin tersebut, yaitu beberapa model metode penelitian tafsir sekaligus, seperti: penelitian perbandingan, penelitian tokoh, dan penelitian tematik-nuzuli. Dimana walaupun diletakkan lebih sebagai gambaran umum tafsir nuzuli, setidaknya ia mengajak pembaca khususnya di Indonesia untuk menelaah kembali khazanah tafsir nuzuli dan memandang mana yang sekira layak untuk dikembangkan dalam turats Islam ke-Indonesia-an.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit QOF – Jurnal Studi Al-Quran dan Tafsir : Kediri.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2614-4875
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 2, No 2 (2018)
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this