Image of ISU-ISU SOSIAL MASYARAKAT DALAM TAFSIR (Kajian Analisis Wacana Tafsir Tāj al-Muslimīn min Kalāmi Rābb al-‘Alamin Karya K.H. Misbach Mustafa)

Artikel Jurnal

ISU-ISU SOSIAL MASYARAKAT DALAM TAFSIR (Kajian Analisis Wacana Tafsir Tāj al-Muslimīn min Kalāmi Rābb al-‘Alamin Karya K.H. Misbach Mustafa)



Sifat al-Qur`an yang Ṣālihun likuli zamān wa al mākān menjadikannya sebagai kitab suci yang sangat terbuka untuk ditafsirkan (multi interpretable). Kondisi sosial-kultural dan situasi politik juga menjadi hal yang mempengaruhi penafsir. Disamping itu dalam dinamika perkembangan tafsir ada kecenderungan dalam diri seorang muffasir untuk memahami al-Qur`an sesuai sudut pandang ilmu yang ditekuninya. Berangkat dari hal tersebut maka al-Qur`an harus dijadikan sebagai landasan moral-teologis dalam rangka menjawab problem-problem sosial-keagamaan dan sosial-kemasyarakatan di era modern-kontemporer. salah satunya adalah kitab tafsir Tāj al-Muslimīn karya K.H. Misbach Mustafa. Dalam kitab tafsir tersebut K.H. Misbach Mustafa memasukan beberapa isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat. Diantaranya riba bunga bank, program Kelurga Berencana, pengunaan pengeras suara, dan basmallah dalam surat al-Fatihah. Masuknya isu-isu sosial tersebut merupakan bentuk dari kehati-hatian beliau dalam urusan agama dan akidah. Apalagi hal tersebut merupakan hal yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. Posisi beliau sebagai orang yang terpelajar dan memahami ajaran-ajaran agama membuatnya tergugah untuk menjaga umat yang awam dari apa yang dianggapnya sebagai kekeliruan dan kesesatan. Sebab, terkadang isu-isu sosial tersebut bersebrangan atau malah bertentangan dengan ajaran atau ketentuan agama Islam. Masuknya isu-isu sosial masyarakat dalam tafsir itu sendiri disebabkan karena adanya kesinambungan antara tema pokok ayat al-Qur`an dengan isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat.Keywords : Tāj Muslimin, Isu Sosial, K.H. Misbach Mustafa


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x16.2.1(Sept)
Penerbit Prodi Al-Quran dan Tafsir STAI Al-Anwar Sarang Rembang : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
(Online): 2579-6275
Klasifikasi
2x16.2.1(Sept)
Tipe Isi
-
Tipe Media
Text PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. 2 No. 1 (2016)
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this