Image of METODOLOGI DAN CORAK TAFSIR MODERN

Artikel Jurnal

METODOLOGI DAN CORAK TAFSIR MODERN



Agama yang mempunyai kitab suci tidak bisa dilepaskan dari diskusi tentang kitab sucitrya. AI-Qur'an yang menjadi kitab suci umat Islam, merupakan hasil dari proses panjang melalui beberapa generasi dan kemudian muncul teks standar sebagai pedoman pencetakan kitab suci tersebut. Proses ini dikenal dengan sejarah al-Qur'an (tarikh al-Qur'an).
Berkenaan dengan sejarah al-Qur'an, penelitian kritis terhadapnya belum memperoleh perhatian serius sarjana Muslim maupun sarjana Barat. Pembicaraan tentang sejarah teks melibatkan beberapa hal, yaitu susunan surat dan ayat, serta pengkodifikasian al-Qur'an menjadi mushhaf Usmani berikut penyempurnaan tanda baca. Selain penelitian tentang teks al-Qur'an, dilakukan dengan pengkajian terhadap penafsiran Muslim terhadap teks al-Qur'an (tafsir). Karya Ignaz Goldziher; Die Richtungen der Islamischen Koranauslegung (1920), telah berupaya mengungkapkan beberapa madzhab penafsiran yang ada semenjak munculnya tafsir sampai Muhammad Abduh. Tetapi penelitiannya disebut Jansen kurang lengkap karena kurang kepustakaan yang telah digunakan.
Jansen dalam penelitiannyaa telah membagi karya tafsir modern ke dalam tiga kelompok. Pertama, tafsir yang mengadopsi ilmu pengetahuan modern sebagai upaya untuk membuktikan bahwa ilmu pengetahuan modern tidak bertentangan dengan al-Qur'an yang disebut dengan Tafsir 'ilmi. Kedua, tafsir yang diperuntukan untuk membantu pembaca dalam memahami al-Qur'an yang disebut dalam kelompok Tafsir filologis. Ketiga, tafsir yang bersinggungan dengan perbuatan umat Islam yang disebut dengan Tafsir Praktis.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x16.2.1(Oct)
Penerbit by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
e- 2620-598X
Klasifikasi
2x16.2.1(Oct)
Tipe Isi
-
Tipe Media
Text PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 20 No 96 (2003)
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this