Image of PENAFSIRAN HAMKA ATAS AYAT-AYAT IBADAH: 
SEBUAH TINJAUAN SUFISTIK

Artikel Jurnal

PENAFSIRAN HAMKA ATAS AYAT-AYAT IBADAH: SEBUAH TINJAUAN SUFISTIK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam ayat-ayat ibadah yang ditafsirkan secara sufistik oleh Hamka dalam Tafsir al-Azhar-nya. Tulisan ini berbentuk penelitian kepustakaan. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah tafsir tematik. Sumber primer penelitian ini adalah kitab Tafsir al-Azhar dan beberapa buku tasawuf yang ditulis Hamka. Sementara sumber - sumber sekundernya, buku - buku yang terkait dengan obyek kajian ini.
Tafsir al-Azhar merupakan salah satu tafsir al-Quran yang dihasilkan di Indonesia karya Hamka. Sebagai seorang penulis terkenal yang cakupan pembacanya cukup luas, Tafsir al-Azhar merupakan karya monumental-nya di antara kurang lebih 124 karya lainnya.
Melalui Tafsir al-Azhar, Hamka mendemontrasikan keluasan pengetahuannya di hampir semua disiplin ilmu. Bukan saja ilmu-ilmu agama tetapi juga ilmu-ilmu umum, tanpa kecuali pengetahuan tasawuf-nya. Berdasarkan penelitian penulis, kesan yang ada dalam Tafsir ini
banyak menekankan secara khusus segi tasawuf, etika dan permasalahan pembaharuan Indonesia seperti akan dikaji dalam tulisan ini.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x1.6
Penerbit Proceding International Conference on Qur’anic Studies Centre of Qur’anic Studies (PSQ) : Ciputat, Tangerang Selatan.,
Deskripsi Fisik
24 Hal
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
Text PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this