Posted by on November 7, 2014

Pusat Studi AlQur’an (PSQ) memiliki visi menjadi agen pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia khususnya dan dunia muslim internasional pada umumnya, dengan menempatkan dirinya sebagai Laboratorium Al-Qur’an yang mampu memproduksi wawasan AlQur’an, Pemikiran Tafsir, dan Pakar Tafsir yang moderat dan berkualitas.

Berangkat dari hal itu, salah satu unit yang perlu diwujudkan adalah Perpustakaan, yang diupayakan menjadi pusat informasi khazanah keislaman, terutama Ilmu-ilmu AlQur’an, yang bisa diandalkan. Sehingga, visi PSQ di atas bisa diimplementasikan dengan baik dan optimal.

Sebagai penunjang pengembangan khazanah intelektual keislaman, koleksi Perpustakaan PSQ terdiri dari: Tafsir, Ulum Al-Qur’an, Hadis, Ulum Al-Hadis, Fiqh, Ushul Fiqh, Akidah, Akhlak, Sejarah, dan beberapa kitab atau buku pemikiran keislaman lainnya, baik yang klasik maupun modern, yang dominan di antaranya berliteratur Arab. Hal ini merupakan ciri khas tersendiri bagi Perpustakaan PSQ.

Perpustakaan PSQ dikelola secara profesional, dilengkapi dengan fasilitas internet dan memfokuskan pemberian layanan koleksi digital, guna mempermudah proses akses referensireferensi yang ada di dalamnya dan juga memberikan kemungkinan untuk mengakses perpustakaan-perpustakaan besar di luar PSQ, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Perpustakaan PSQ mulai beropersi semenjak PSQ didirikan yaitu bulan September 2004. Seiring perjalanan waktu perpustakaan PSQ terus berbenah dan menambah koleksi bukunya, dan sejak tanggal 20 Oktober 2009, menambah jenis layanan dari koleksi tercetak ke penyediaan buku/kitab klasik digital dengan nama Layanan Digital Library Of Al-Qur’an (DILIA) dimana pada layanan tersebut memfokuskan layanan penyediaan referensi dalam bentuk digital, audio, video, software-software paket kajian kitab klasik dan penyediaan layanan internet gratis.

B. VISI PERPUSTAKAAN PSQ
Menjadi perpustakaan yang lengkap untuk kajian tafsir al-Qur`an dengan lingkungan pembelajaran yang nyaman serta koleksi, fasilitas pendukung, dan layanan yang berorientasi pada pengguna serta sejalan dengan visi dan misi Pusat Studi alQur`an (PSQ).

C. MISI PERPUSTAKAAN PSQ
1. Menyediakan koleksi khususnya kajian tafsir al-Qur`an baik yang tercetak maupun digital yang sesuai dengan kebutuhan pengguna;
2. Mendorong kegiatan pembelajaran seumur hidup dan menyediakan akses informasi termutaakhir bagi pengguna;
3. Mewujudkan sistem manajemen perpustakaan yang efisien, efektif, dan profesional;
4. Melakukan kajian, diskusi, riset, kerjasama dengan lembaga lain terkait perkembangan ilmu pengetahuan
khususnya pada kajian tafsir al-Qur`an;
5. Menyediakan layanan perpustakaan yang berorientasi pada pengguna;
6. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kualitas layanan perpustakaan yang lebih baik dan beragam;
7. Menjadikan perpustakaan sebagai agen perubahan budaya dan sosial masyarakat serta yang sesuai dengan tuntunan al-Qur`an.

Posted in: Uncategorized